Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya Tema Pendidikan

Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya Tema Pendidikan  – Drama di Indonesia sendiri sudah banyak dikenal dan tidak jarang drama juga ikut diperlombakan. Meskipun membuatnya terlihat sederhana, tapi ternyata menulis drama juga harus bisa memahami unsur-unsurnya.

Naskah drama setidaknya memiliki unsur penokohan, konflik, alur cerita, dan juga klimaks yang biasanya membekas di hati para pembaca penonton. Selain beberapa unsur di atas, drama juga harus memiliki pesan moral. simak juga drama china tentang CEO

Untuk bisa membuat cerita atau naskah drama yang keren sekaligus menarik untuk ditampilkan ke khalayak ramai, berikut ini adalah contoh teks drama beserta strukturnyayang dapat memberikan gambaran tentang pembuatan suatu naskah drama sesuai dengan jenis-jenis teks drama pada umumnya.

READ  Manfaat Rumah Minimalis 6x9 2 Kamar
contoh teks drama beserta strukturnya
contoh teks drama beserta strukturnya

Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya

Suatu pagi yang cerah di ruang kelas yang sederhana, pelajaran Bahasa Indonesia sedang berlangsung. Bu Renny sebagai guru yang baik, selalu berhasil membuat suasana kelas menjadi ramai menyenangkan. Materi yang disampaikan Bu Renny hari ini adalah tentang cita-cita dan Bu Renny menanyakan kepada semua muridnya tentang cita-cita apa yang mereka inginkan.

Kaila : “Kaila, Bu. Ila pengin jadi orang dewasa yang suka menolong, suk menabung dan nggak foya foya, Bu. Biar bisa terus bantu keluarga, pengin jadi orang yang sabar juga dan pengertian juga bu.”

Bu Renny : “Itu bukan cita-cita ya, Kaila. Tapi kewajiban, kalau cita-cita itu adalah keinginan atau tekad dan tujuan untuk masa depan. Keinginan itu bisa terkait dengan pekerjaan atau kesuksesan untuk masa depan lainnya, Misalnya, ingin jadi guru, presiden, dokter dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga tentang pencapaian, misalnya ingin membangun masjid, rumah sakit, dan lain sebagainya.”

READ  Yuk, Ikuti Cara Mudah Download Drama Korea My Golden Life

Adit mengangkat tangan kanannya,

Wawan : “Adit, kamu kenapa dit? mau ke WC”

Bu Renny : ” Adit, kenapa?”

Adit : “Nggak papa, Bu. Hehe Adit pengin jadi satpam yang melindungi Bu Jenny, jadi satpam atau orang TU sekolah juga boleh.”

Semua murid lalu tertawa geli mendengar ucapan Adit.

Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya ini meskipun sederhana tapi tetap bisa memberikan

pesan moral tentang pemahaman murid sekolah mengenai cita-cita yang mereka punya untuk masa depan masing-masing. Di dalam drama singkat tersebut kita bisa melihat gambaran bahwa ternyata ada juga anak-anak ataupun murid-murid sekolah yang belum memiliki cita-cita atau bahkan belum memahami apa yang sebenarnya dimaksud dengan cita-cita. simak juga tentang les privateJakarta Selatan

READ  Mengenal Lebih Dalam Kaidah Kebahasaan Teks Drama

Itulah contoh teks drama beserta strukturnya. Unsur yang terkandung di dalam teks drama tersebut antara lain latar tempat yang digambarkan di dalam kelas, latar waktu dan suasana di pagi hari yang cerah, kemudian disisipkan beberapa tokoh yang berfokus kepada Bu Lili sebagai guru, Kaila dan Adit sebagai murid yang aktif, selain unsur tersebut Drama di atas juga memiliki alur maju dan juga konflik yang diberikan oleh Kaila dan Adit.