Rekomendasi 6 Obat Batuk Berdahak Yang Ampuh Melegakan Tenggorokan

Terdapat dua jenis batuk berdahak yakni batuk kering dan batuk berdahak. Nah, untuk batuk berdahak umumnya ditandai dengan adanya dahak atau lendir dari saluran pernapasan yang menumpuk di tenggorokan.

Batuk berdahak merupakan kondisi saat saluran pernapasan terinfeksi sehingga memproduksi lebih banyak lendir dan sulit dikeluarkan. Gejalanya cukup mengganggu karena biasanya disertai dengan hidung tersumbat dan beringus, sakit tenggorokan, sesak napas, serta ada rasa yang mengganjal di tenggorokan.

Rekomendasi 6 Obat Batuk Berdahak Yang Ampuh Melegakan Tenggorokan

Untuk menanganinya, berikut rekomendasi 6 obat batuk berdahak yang ampuh untuk mengencerkan lendir dan membantu melegakan tenggorokan :

  1. Siladex Me Batuk Berdahak

Siladex Me Batuk Berdahak yang bebas alkohol dan gula ini memiliki kandungan Bromhexine HCL dan Guaifenesin. Kedua kandungan tersebut akan bekerja untuk mengencerkan dahak dan membantu memudahkan pengeluaran dahak dari tenggorokan.

Selain aman diminum oleh penderita diabetes karena bebas gula, Siladex Mucolytic & Expectorant juga tidak menimbulkan kantuk. Obat batuk berdahak ini hadir dalam tiga ukuran botol yaitu 30 ml, 60 ml, dan 100 ml.

  1. Mucos Drops

Obat batuk sirup ini mengandung Ambroxol. Bahan aktif tersebut akan bekerja untuk mengencerkan lendir atau dahak pada saluran pernapasan sehingga lendir lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan. Selain itu, Ambroxol juga bisa membantu membersihkan saluran pernapasan.

Selain untuk mengencerkan dahak, Mucos Drops juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit saluran pernapasan seperti asma bronkial, radang paru kronis, serta kerusakan pada alveolus (emfisema).

  1. Obat Batuk Berdahak Bisolvon Tablet

Bisolvon tablet menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin membawa obat batuk kemanapun secara praktis. Obat batuk tablet ini mengandung Bromhexine yang berfungsi untuk mengencerkan dahak pada saluran pernapasan agar tidak mengganggu aktivitas harian.

Sama seperti yang cair, Bisolvon Tablet juga memiliki efek samping yang mungkin akan muncul seperti ruam atau gangguan kulit, gangguan sistem pencernaan, reaksi sensitif kekebalan tubuh, serta gangguan pernapasan.

  1. OBH Combi Batuk Berdahak

OBH Combi Batuk Berdahak memiliki beberapa kandungan seperti ekstrak Succus liquiritiae, minyak adas manis, ammonium klorida, kristal mentol, amon liquid, minyak peppermint, dan alkohol.

Selain mampu meredakan gejala flu, obat produksi Combiphar ini juga bisa membantu mengatasi batuk berdahak. Namun, obat ini juga menimbulkan efek samping seperti rasa kantuk dan gangguan pencernaan ringan.

  1. Bodrek Flu & Batuk Berdahak

Kamu bisa coba Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE saat mencari obat batuk berdahak yang tidak menyebabkan kantuk. Obat flu dan batuk berdahak ini mengandung Bromhexine HcI, Guaifenesin, Phenylephrine HCL, dan Paracetamol.

Obat ini tidak hanya berguna untuk mengatasi batuk berdahak saja namun juga mampu meredakan gejala flu seperti sakit kepala, demam, bersin – bersin, dan hidung tersumbat.

  1. Bisolvon Extra Obat Batuk Berdahak

Bisolvon Extra ini memiliki kandungan kombinasi dua bahan utama yakni Guaifenesin dan Bromhexine. Kandungan Bromhexine berfungsi sebagai pengencer dahak, sementara Guaifenesin berfungsi untuk meningkatkan aliran di sepanjang saluran pernapasan. Dua bahan utama tersebut akan bekerja dan saling melengkapi untuk meredakan batuk berdahak sekaligus memudahkan proses pengeluaran dahak. Baca juga aplikasi bisnis online tanpa modal yang terbaik.

Meski demikian, ada efek samping dari mengonsumsi obat ini seperti sakit kepala, vertigo, alergi berupa ruam kulit, serta gangguan saluran pencernaan. Apalagi bagi penderita asam lambung, perlu memperhatikan baik – baik penggunaan Bisolvon Extra. Sementara bagi ibu hamil, dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya selama masa kehamilan tiga bulan pertama.