Lari Jarak Pendek atau Sprint Biasanya Menggunakan Start

Dalam pertandingan atau perlombaan lari jarak pendek atau sering disebut lari sprint biasanya menggunakan start jongkok dengan menggunakan teknik start pendek (bunch start), start menengah (medium start), start panjang (long start).

Penjelasan:

  1. Start pendek atau bunch start. dilakukan dengan posisi kaki kiri didepan sedangkan lutut kaki kanan disebelah kaki kiri dengan jarak sekitar satu kepalan tangan dan posisi tangan berada pada belakang garis start dengan keempat jari tangan rapat sedangkan ibu jari terpisah.
  2. Start menengah atau medium start. dilakukan dengan posisi kaki kiri didepan sedangkan lutut kaki kanan disebelah tumit kaki kiri dengan jarak sekitar satu kepalan tangan dan posisi tangan berada pada belakang garis start dengan keempat jari tangan rapat sedangkan ibu jari terpisah.
  3. Start panjang atau long start. dilakukan dengan posisi kaki kiri didepan sedangkan lutut kaki kanan diletakkan dibelakang kaki kiri dengan jarak sekitar satu kepalan tangan dan posisi tangan berada pada belakang garis start dengan keempat jari tangan rapat sedangkan ibu jari terpisah.
READ  Apa yang dimaksud dengan Lari Jarak Pendek (Sprint)